Ciri-ciri keracunan kehamilan | Preekslamsia atau Ekslamsia



Belum lama ini di media sosial sedang ramai dan menjadi viral tentang post seorang suami dan ayah yang bernama Afrizal.
Postingan Pak Afrizal yang sedang berduka lantaran istri tercintanya harus meregang nyawa karena keracunan kehamilan.
Ada banyak komentar simpati dan support positif dari para netizen, namun banyak juga oknum netizen yang tidak tahu malah ikutan komentar ngawur tentang kondisi istrinya.

Mereka para oknum itu pikir keracunan kehamilan adalah layaknya orang keracuman sesuatu zat / makanan. Bahkan hanya karena alm wajahnya putih lantas dibilang keracunan itu disebabkan dari pemakaian krim pemutih wajah yang dipakai selama hamil, padahal menurut suaminya memang alm asli putih turunan.

Pre-eklampsia adalah kondisi di mana ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah yang tinggi dan kelebihan kadar protein dalam urin.

Yang perlu diluruskan disini keracunan kehamilan itu istilah medisnya adalah toxemia gravidarum, istilah lain bagi penyakit kehamilan yaitu preekslamsia atau ekslamsia yang dpt terjadi pada masa kehamilan maupun nifas.

Penyakit ini diawali oleh hipertensi/ tekanan darah yang menjadi tinggi.
Kenapa penyakit ini dikatakan keracunan kehamilan?
Ini dikarenakan gejala tersebut terjadi pada saat kehamilan saja, tidak terjadi pada wanita yang tidak hamil, dan gejala ini terjadi setelah melahirkan.

Gejala dan ciri ciri apa saja yang akan terjadi pd ibu hamil yang mengalami keracunan kehamilan??
Preeklamsia dapat terjadi dengan ringan bahkan sampai parah.
Dapat dikatakan preeklamsia ringan jika kehamilan anda ditandai oleh hipertensi 160/90 mmHg dan protein pada urin (+1).
Sementara itu jika kehamilan anda disertai dengan hipertensi 160/110 mmHg dan protein pada urinnya (+3), itu sudah termasuk kedalam preeklamsia berat atau ekslamsia.

Ada yang perlu diwaspadai juga, jika tekanan darah anda mencapai 135/85 mmHg juga disertai sakit kepala yang berkepanjangan, ulu hati terasa nyeri, kaki anda terlihat lebih bengkak, muncul rasa mual hingga muntah, serta terjadi gangguan pada penglihatan anda yang menjadikan pandangan anda kabur, kondisi itu dapat dikategorikan pada pre-eklamsia berat.

Apa Penyebab dari keracunan kehamilan ini?
Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebabnya.
Namun menurut beberapa ahli mengatakan penyakit ini terjadi pada saat plasentasi atau proses terbentuknya struktur juga jenis plasenta, yaitu pada saat awal-awal kehamilan.
Diduga hal ini disebabkan oleh kelainan genetik, kelainan pada sistem kekebalan sang ibu, tidak seimbangnya oksigen dan antioksida, gangguan sistem pada pembekuan darah, dan juga kehamilan yang disertai oleh penyakit diabetes, berat badan berlebih, bahkan kelainan pada ginjal.

Kejang dan keracunan yang dialami oleh wanita hamil sebaiknya segera ditangani dengan dokter supaya tidak berkepanjangan dan membahayakan ibu dan janin. Namun anda tidak perlu cemas karena kondisi ini akan kembali normal.

Jadi sudah jelas ya penyebab dari keracunan kehamilan itu bukan keracunan makanan apa lagi keracunan krim wajah. Tapi lebih pada penyebab yang sampai hari ini juga belum bisa dipastikan dan lebih terkait pada kelainan genetika dan beberapa faktor utama diatas.

Jadi alangkah baik dan bijaknya jika kita tak perlu berpolemik, menghakimi, apa lagi berkomentar miring terhadap almarhumah, terlebih mereka yang memanfaatkan duka ini utk jualan produk :3 .

Selain itu sangat disayangkan jika masih ada media yang ikut serampangan mengutip dan menyiarkan berita ini tanpa konfirmasi terlebih dahulu pada dokter atau ahlinya terutama yang ikut menangani almarhumah.

sumber : klikbali100.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates: