Lelaki Paling Tampan di Dunia Bukan Nabi Yusuf?



Sosok Nabi Yusuf AS selama ini digambarkan sebagai lelaki yang sangat tampan. Ketampanannya bahkan digambarkan mewakili separuh dari penduduk dunia. Namun benarkah Nabi Yusuf AS adalah manusia paling tampan?

Ulama memiliki perbedaan pendapat tentang siapa lelaki yang paling tampan di dunia. Pendapat pertama, yang paling tampan adalah Nabi Yusuf.

Di antara dalil yang mendasari pendapat itu adalah hadits dari Anas bin Malik RA, di mana Nabi SAW bersabda, "Yusuf diberi setengah ketampanan." (HR. Ahmad 14050 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Disebutkan pula dalam hadits riwayat Muslim, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan peristiwa Isra Mi’raj yang beliau alami. Ketika beliau di langit ketiga, beliau bertemu dengan Yusuf. Komentar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ketemu beliau, "Di sana saya bertemu Yusuf alaihis shalatu was salam, ternyata beliau diberi setengah ketampanan." (HR. Muslim 429)

Kemudian Ibnul Qoyim menjelaskan makna hadits tersebut. Ia menyimpulkan bahwa Yusuf AS secara khusus memiliki setengah ketampanan semua manusia. Sementara setengah ketampanan sisanya terbagi pada semua manusia lainnya (Badai al-Fawaid, 3/723).

Kemudian, pendapat kedua dari para ulama, orang yang paling tampan adalah Nabi Adam AS. Di antara dalil yang mendukung pendapat ini adalah hadits dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda, "Allah menciptakan Adam dengan rupa sama seperti wajahnya." (HR. Bukhari 6227 & Muslim 2841)

Dalam riwayat lain, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, "Apabila kalian menghukum orang lain, jauhi wajah. Karena Allah menciptakan Adam dengan rupa seperti wajahNya." (HR. Muslim 2612)

Kita tidak membahas makna kalimat ‘seperti wajahNya’, yang jelas hadits ini menunjukkan betapa wajah Nabi Adam `alaihis Salam adalah wajah yang indah.

Pendapat ketiga, orang yang paling tampan adalah Nabi Muhammad SAW. Ibnul Qoyim menyebutkan pendapat ini.

Sebagian ulama menyebutkan, Yusuf diberi setengah ketampanan yang dimiliki MuhammadShallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di puncak ketampanan, sementara Yusuf hanya mencapai setengah ketampanan beliau.

Selanjutnya, Ibnul Qoyim menyebutkan alasan pendapat ini. Mereka beralasan, bahwa ini sesuai dengan hadits riwayat Turmudzi dari Qatadah, dari Anas bin Malik RA, yang mengatakan, "Tidaklah Allah mengutus nabi, kecuali berwajah tampan, dan suaranya bagus. Dan Nabi kalian Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling tampan wajahnya dan paling indah suaranya." (Badai al-Fawaid, 3/723).

Sumber : dream.co.id

Subscribe to receive free email updates: