3 Cara Mudah Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC



Tanpa disadari, ketika cuaca sedang panas dan suhu di dalam ruangan meningkat, seseorang akan otomatis tergerak untuk menyalakan air conditioner (AC) di dalam rumah untuk membuat ruangan kembali sejuk dan tidak panas.

Menggunakan AC memang merupakan cara termudah untuk mengembalikan kesejukan ruangan, namun tak jarang juga membuat tagihan listrik membengkak ketika terlalu lama atau seringnya digunakan. Selain itu, penggunaan AC yang berlebihan setiap hari juga dapat membuang energi yang berdampak negatif pada lingkungan.

Dampak buruk lainnya yang akan menimpa seseorang yang terlalu sering memakai AC adalah akan mengalami masalah pernapasan, polusi suara, masalah pada mata, dan masih banyak lagi.

Agar Anda tidak terlalu banyak bergantung pada AC di dalam rumah, ada cara yang lebih alami dan sehat yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan memakai AC. Pengurangan pemakaian AC di rumah pun dapat membuat kondisi keuangan Anda yang lebih baik. Simak 3 tipsnya berikut ini!

1. Buka Jendela

Jendela di rumah dapat mendatangkan banyak hawa panas ke dalam rumah ketika berada dalam keadaan tertutup. Semakin besar jendela, semakin banyak suhu panas yang terjebak di dalam rumah. Maka dari itu, biasakanlah membuka jendela ketika pagi hingga siang hari. Anda akan merasakan perbedaan temperatur yang lebih sejuk dengan kebiasaan yang baru ini.

Membuka jendela pun bisa dilakukan saat malam hari, misalnya dengan membuka jendela kecil di area loteng. Kondisi dingin yang terjadi pada saat malam dapat Anda manfaatkan untuk mendinginkan ruangan.

2. Menanam Pohon

Tanamlah pohon di sekitar rumah minimal satu pohon atau lebih banyak lebih baik. Pohon dapat membuat suasana panas di sekitar rumah menjadi sejuk. Selain itu, bayangan pohon yang tinggi mampu menghalangi rumah dari sinar matahari langsung. Menanam pohon di halaman rumah merupakan langkah jangka panjang untuk membuat rumah tetap sejuk secara alami.

Selain itu, udara yang bersih dari pohon dan tanaman dapat membuat hidup menjadi lebih berkualitas dibandingkan dengan menggunakan AC.

3. Gunakan Kapas

Kapas adalah jenis bahan yang dapat mendatangkan kesejukan dan cocok untuk membuat tubuh rileks jika dibandingkan dengan bahan wol. Gunakanlah kapas di berbagai aksesoris rumah seperti bantal sofa, bantal tidur, hingga kasur. Katun sangat baik untuk menyejukkan ventilasi dan aliran udara yang mengalir di dalam rumah.


sumber : .rumahku.com

Subscribe to receive free email updates: