INILAH Trik Jitu Memersihkan Ruang Penyimpanan Smartphone Kamu Tanpa Menghapus Data Penting.



Banyaknya data yang tersimpan dalam smartphone akan mempengaruhi kinerja perangkat, baik itu iPhone, iPad ataupun Android.

Cara yang paling mudah dan sudah banyak diketahui adalah menghapus foto, musik maupun file lainnya. Namun saat ini Anda tak perlu melakukannya karena ada trik sederhana yang dapat dilakukan. Kita dapat membebaskan ruang penyimpanan smartphone tanpa harus menghapus data penting.


Untuk iPhone dan iPad, trik ini pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna Reddit. Ia memiliki iPhone dengan kapasitas penyimpanan sebesar 16GB. Untuk membebaskan ruang penyimpanan, secara iseng ia menyewa film dengan ukuran besar, yakni Lord of the Rings: The Two Towers di iTunes.

Menurutnya, film yang disewa harus memiliki kapasitas lebih besar dari memori yang tersisa karena hanya dapat bekerja bila ada sedikit ruang penyimpanan gratis.


Ketika tombol sewa di sebelah film diklik, maka akan muncul prompt yang mengatakan bahwa tidak ada memori yang tersisa. Ada pilihan penyadapan atau pengaturan, dan disarankan memilih yang terakhir.

Dengan memilih pengaturan, pengguna akan dibawa ke menu settings di mana jumlah ruang penyimpanan yang tersedia telah meningkat. Ini karena iPhone membersihkan instalan aplikasi untuk menghapus data, membersihkan cookies dan dan berbagai histories yang tak lagi dipakai.

Disarankan Anda menyewa film yang sama beberapa kali untuk membersihkan semakin banyak ruang. Pengguna Reddit lain mengaku berhasil membebaskan ruang penyimpanan dari 800 MB menjadi 4,9 GB.

Bagi pengguna Android, Anda juga dapat melakukan bersih-bersih ruang penyimpanan tanpa harus menghapus foto, musik, ataupun mencopot aplikasi. Memang menghapus sejumlah foto atau musik dapat membantu, tetapi ada cara lain yang lebih mudah dan tak perlu mengorbankan musik dan foto kesayangan kita.

Caranya adalah dengan membersihkan cache. Semakin lama smartphone digunakan, maka file tersembunyi juga akan semakin banyak yang pada akhirnya dapat memakan ruang internal penyimpanan.

Untuk menghapus cache, carilah pengaturan, lalu pilih application manager. Selanjutnya, lihat satu-satu pada setiap aplikasi.

Anda akan menemukan beberapa pilihan di antaranya force stop, uninstal, atau clear cache. Tekanlah pilihan yang terakhir yakni clear cache. Dengan melakukan ini pada sejumlah aplikasi, maka ruang penyimpanan yang penuh akan semakin berkurang.

Sumber : sedoot.xyz

Subscribe to receive free email updates: